Selasa, 16 Juni 2009

Jenis-jenis saham


Saham-saham yang diperdagangkan di bursa dapat dikelompokkan ke dalam berbagai saham yaitu:

Growth Stocks adalah saham-saham yang memiliki pertumbuhan di atas pertumbuhan rata-rata. Saham ini mempunyai kecenderungan mempunyai rasio harga saham dengan pendapatan per saham cukup tingi dibandingkan dengan pasarnya. Investor yang mempunyai informasi yang biasanya melakukan investasi pada saham ini.

Cyclical Stocks adalah saham-saham yang pertumbuhan pendapatannya sama atau di bawah pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Operasi perusahaan yang sahamnya dianggap cyclical stocks sangat sensitif terhadap kondisi bisnis secara agregat.

Defensive Stocks adalah saham-saham yang secara umum bertumbuh pendapatannya pada rata-rata atau di bawah rata-rata tetapi tidak sangat sensitif atau sangat sedikit dipengaruhi oleh kondisi bisnis.

Value Stocks adalah saham-saham yang mempunyai harga psar saham lebih kecil dai nilai bukunya. Artinya, rasio harga saam terhadap pendapatan sangat kecil dibandingkan dengan rasio pasar. Investor yang mempunyai informasi sangat menyukai saham ini karena kemungkinan mendapatkan kapital gain cukup besar di masa mendatang.

Aggressive Stocks adalah saham-sagam yang mempunyai risiko tinggi dimana saham ini mempunyai beta di atas satu. Artinya, saham ini akan mengalami kenaikan yang lebih tinggi dari kenaikan psar bila pasar naik dan mengalami penurunan yang tajam bila pasar turun. Saham ini biasanya disukai oleh investor yang menyukai risiko atau berspekulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar